Rabu, 31 Oktober 2018

Besaran Fisika dan Pengukurannya

Sebelum memulai pembahasan, marilah kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu besaran fisika dan bagaimana cara mengukurnya.

Dalam fisika, besaran fisika didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka.

Dalam ilmu fisika, besaran dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu. Besaran pokok tidak diturunkan dari besaran lain

Sedangkan besaran turuan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok. Sebagai contoh, luas, yang dirumuskan sebagai panjang x lebar yang diturunkan dari dua besaran panjang. 

Saat mempelajari besaran dalam ilmu fisika, kita akan menjumpai 7 besaran pokok yang harus kita pahami sejak dini sebagai landasan ketika belajar fisika.

Berikut ini adalah 7 besaran pokok dalam fisika yang harus kamu pahami.


Image source: informasiana.com
 
Dan berikut ini adalah daftaran besaran turunan yang sering digunakan

Image Source: id-static.z-dn.net
 
Selanjutnya adalah tugas kalian untuk mencari besaran turunan yang lainnya.

Satuan Internasional (SI)

Setelah Anda mengetahui apa saja yang tergolong besaran pokok dan besaran turunan, selanjutnya adalah mengenal apa itu satuan internasional.

Satuan internasional merupakan satuan untuk besaran-besaran dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi yang telah disepakati agar tidak terjadi kesukaran dalam pengukuran karena penggunaan satuan yang berbeda-beda di berbagai negara.

Sebagai contoh, ketika kita pergi ke Inggris, kita akan mendengar istilah inci atau feet untuk menentukan panjang dan tinggi suatu obyek.

Sebagai informasi, Satuan Internasional diambil dari sistem metrik yang telah digunakan di Prancis setelah revolusi tahun 1789.

Pentingnya Satuan dalam Kehidupan Sehari-hari 

Sebuah pertanyaan mungkin muncul dalam benak, "ah, apa pentingnya satuan"

Bila Anda beranggapan bahwa satuan itu tidak penting, mari kita coba mengingat kembali sejarah kelam dalam dunia penerbangan antariksa.

Pada tahun 1999, sebuah misi menuju Mars, namun secara tiba-tiba pesawat yang diluncurkan oleh NASA menghilang.

Hal ini disebabkan karena kesalahan dalam menerjemahkan sistem numerik. Pegawai NASA lebih sering menggunakan SI dimana gaya dinyatakan dalam newton sedangkan Lookheed Martin Astronoutic, kontraktor yang bekerja pada saat itu menggunakan atau bekerja dalam satuan U.S Customary.

Akibat kesalahan yang orang awam anggap sepele ini, pesawat seharga 125 juta dolla AS akhirnya hancur di planet Mars.

(Sumber: Physics Algebra/Trig Eugene Hecht)

Dari peristiwa kecelakaan pesawat akibat kesalahan yang terbilang sepele, mengajarkan kita betapa pentingnya satuan.

Oleh karena itu, bila Anda sedang melakukan perhitungan, dalam bidang apapun, selalu gunakan nilai numerik dari suatu besaran fisika dan lengkapilah dengan satuan yang sesuai disamping angkanya

Konversi Satuan 

Mengingat bahwa satuan itu penting, dan setiap orang atau setiap negara memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan satuan, maka hal harus dilakukan adalah melakukan konversi satuan.