Sabtu, 02 November 2019

Listrik Statis

Listrik Statis - Berbicara mengenai listrik, apakah kalian pernah bermain dengan penggaris yang digosok-gosokan ke rambut kemudian didekatkan kepada potongan kertas? Apa yang terjadi pada kertas setelah didekatkan dengan penggaris yang sudah digosok-gosok tadi? Yap pasti jawabannya adalah potongan kecil kertas tersebut akan terangkat dan menempel pada penggaris. Apa sebenarnya yang menyebabkan kertas dapat menempel pada penggaris? hal tersebut terjadi karena terdapat muatan listrik

Hukum Coulomb

Ketika membahas tentang listrik statis, tentu kita akan berhubungan dengan Hukum Coulomb. Hukum Coulomb merupakan suatu teori yang menyatakan bahwa setiap partikel memiliki muatan, dan diantara dua muatan terdapat gaya yang saling tarik-menarik atau tolak-menolak. Besarnya gaya tersebut dipengaruhi oleh besarnya muatan yang terdapat di dalam suatu partikel. Hukum Coulom ini pertamakali dicetuskan oleh Charles Augustin de Coulomb. Melalui percobaan yang ia lakukan, dia menyimpulkan bahwa:
Besar gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik berbanding lurus dengan muatan masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut.