Minggu, 10 November 2019

Pengukuran - Ringkasan Materi

Ketika waktu kecil, pernahkah kalian menginginkan es lilin kakak anda yang lebih panjang dari milik anda?

Jika pernah, sadarkah Anda bahwa yang sedang Anda lakukan sebenarnya bagian dari materi yang akan kita bahas kali ini? Yup pengukuran.

Pengertian Pengukuran

Mengukur, dalam arti yang luas dapat didefinisikan sebagai membandingkan sesuatu (yang akan diukur) menggunakan alat yang digunakan sebagai acuan atau patokan.

Beberapa aspek yang harus dipahami ketika melakukan pengukuran adalah ketepatan (akurasi), kalibari alat, ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas).

Aspek-aspek yang tersebut merupakan suatu usaha yang dilakukan supaya hasil dari pengukuran atau obyek yang akan kita ukur memproleh hasil yang benar dan akurat.

Beberapa kegiatan yang masuk ke dalam pengukuran dalam kaitannya pengukuran dalam materi IPA adalah

Pengukuran Panjang

Saat mengukur panjang, satuan yang umum digunakan / satuan internasional (SI) adalah meter (m). Ketika hendak mengukur panjang, tentu kita membutuhkan alat yang memang digunakan dan difungsikan untuk mengukur panjang yaitu:

Baca: Besaran Fisika

Penggaris

Penggaris yang umum digunakan anak-anak sekolah adalah penggaris dengan skala terkecil yaitu 1 mm dengan ketelitian 0,5 mm. Ketika menggunakan penggaris, ketelitian yang ada pada penggaris adalah setengah dari skala terkecil.
Ketika mengukur menggunakan penggaris, selalu tempatkan titik 0 pada ujung benda yang akan diukur. Ketika membaca hasil pengukuran, usahakan mata berada tegak lurus dengan penggaris. Tujuannya adalah supaya terhindar dari kesalahan pengukuran.

Jangka Sorong

Mikrometer Sekrup