Contoh Pidato Persuasif

Pidato atau pidato singkat adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik dan sopan untuk menyampaikan sesuatu hal kepada khalayak. Sejak dulu hingga saat ini, pidato singkat selalu digunakan dimana-mana baik acara formal maupun tidak formal. Tujuan orang ber pidato singkat sendiri adalah untuk memberikan suatu gagasan suatu hal kepada banyak orang. Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan pidato singkat. Karena pidato singkat ini merupakan suatu hal yang menantang dan menyenangkan, Anda pun tak perlu takut untuk berpidato jika ingin menyampaikan suatu aspirasi baru di depan publik. Untuk Anda yang masih pemula dalam berpidato, sebaiknya Anda membuat ringkasan mengenai apa yang akan Anda sampaikan. Pengertian Pidato Singkat Menurut pengertiannya, pidato singkat adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato singkat biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato singkat merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia. Fungsi Pidato Singkat Beberapa fungsi pidato singkat yang tak banyak orang ketahui adalah:
Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato persuasif tersebut.
Mempermudah komunikasi.
Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti: naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan. Metode Pidato Singkat Tak sembarang berbicara di depan publik, pidato singkat juga ada metode-metodenya yang tak banyak orang ketahui. Berikut adalah metode-metode yang sering digunakan orang saat berpidato:
Impromptu yaitu metode berpidato yang serta merta tanpa adanya persiapan
Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato persuasif terlebih dahulu.
Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato persuasif .
Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato persuasif yang akan disampaikan.
Lantas, siapa saja sih melakukan pidato singkat? Tidak sembarang orang, berikut adalah beberapa orang yang sering memberikan pidato singkat di beberapa acara-acara.
Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya.
Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis.
Dipraktikkan untuk menenangkan massa atau khalayak ramai.
Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato
Anda bisa menyiapkan sebuah teks kecil jika tidak sanggup menghapal contoh pidato bahasa indonesia singkat atau belum terbiasa untuk melakukan pidato persuasif secara natural. Berikut ada beberapa contoh pidato singkat tentang berbagai bidang yang dapat Anda jadikan sebagai suatu referensi. Contoh struktur pidato (struktur text pidato) A. Pembukaan
  1. Salam Pembuka
Struktur pertama yang terdapat pada teks pidato adalah pembukaan. Pada bagian pembukaan, terdapat salam pembuka. Salam pembuka pasti terletak pada bagian awal teks pidato yang menjadi awalan atau pembukaan pidato. Contoh salam pembuka: Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua siswa dan guru SMA 1 Bandung.
  1. Ucapan Penghormatan
Bagian selanjutnya dalam pembukaan adalah ucapan penghormatan. Biasanya ucapan penghormatan dimulai dari penyebutan orang dengan jabatan tertinggi yang hadir dalam kegiatan pidato. Misalnya, jika pidato dilakukan di sekolah ucapan penghormatan dapat dimulai dari penyebutan kepala sekolah yang memiliki jabatan tertinggi di sekolah, kemudian bapak dan ibu guru pengajar, dan terakhir teman-teman yang hadir. Contoh ucapan penghormatan: Yang saya hormati, Ibu Kepala SMA Negeri 1 Bandung, Ibu Nanan Nurhanani S.Pd. Yang saya hormati, bapak dan ibu guru beserta staf SMA Negeri 1 Kota Bandung, dan juga teman-teman seperjuangan saya yang saya cintai.
  1. Ucapan syukur
Bagian pembukaan selanjutnya adalah ucapan syukur. Pada bagian ini, biasanya orator (orang yang berpidato) mengucapkan syukur karena dapat hadir dan berkumpul dengan para pendengar yang datang. Contoh ucapan syukur: Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di sini. Tak lupa, salawat serta salam kita sampaikan kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa juga para sahabatnya serta kita umatnya di akhir zaman. B. Isi Pidato Struktur yang kedua setelah pembukaan adalah isi pidato. Pada bagian isi pidato, pembicara akan menyampaikan inti dari topik pidato yang disampaikan. Contoh isi pidato: Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang manfaat teknologi. Pada era ini, sudah banyak teknologi – teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah cara hidup kita di zaman ini. Dengan kecanggihannya, kita dapat mempersingkat waktu dan mempercepat penyelesaian kerja. Namun, tetap ada yang menerima dan meresponnya secara negatif dengan berbagai alasan. Seperti dengan alasan teknologi – teknologi yang sudah ada secara tidak langsung telah menyingkirkan budaya – budaya sehari – hari yang telah ada. Hadirin sekalian, sebenarnya banyak manfaat yang telah dan akan kita dapatkan dengan penggunaan teknologi – teknologi. Sebagai contoh, kita dapat berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga kita di tempat yang jauh dengan menggunakan telefon genggam. Kita juga dapat mempermudah hal dalam urusan rumah tangga, seperti mencuci baju dengan mesin cuci ataupun memasak nasi dengan penanak nasi listrik atau biasa disebut rice cooker. Bahkan internet pun sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari – hari kita. Biasanya dimanfaatkan untuk dimanfaatkan untuk mencari informasi atau menghilangkan penat, seperti bermain permainan yang disediakan internet. Pada kutipan teks di atas, dapat kita lihat bahwa kedua paragraf tadi sudah masuk ke dalam hal penting yang ingin disampaikan, yaitu mengenai manfaat teknologi. C. Penutup Struktur terakhir adalah penutup. Pada bagian penutup akan disampaikan kesimpulan tentang topik utama pidato. Terkadang, pembicara juga akan menyampaikan saran-saran untuk orang lain. Contoh penutup: Baik buruknya teknologi itu sendiri, bergantung kepada orang yang memanfaatkannya. Saya berharap, kita dapat memanfaatkan teknologi itu sesuai dengan manfaat dan tujuan teknologi itu sendiri dibuat. Supaya tidak terjadi penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain. Demikian pidato ini saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada salah kata. Wabillahitaufiq walhidayah. Assalammualaikum Wr. Wb. Contoh Pidato Singkat Contoh Pidato Singkat
  1. Contoh Pidato Tentang Kebersihan – Pidato Tema Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan merupakan suatu perilaku kecil yang dapat bermanfaat dalam menyelamatkan bumi kita. Dalam kesempatan kali ini, Mamikos akan memberikan contoh naskah pidato tentang kebersihan lingkungan atau contoh pidato tema lingkungan. Berikut contoh pidato bahasa indonesia singkat pendeknya. Contoh Pidato Tentang kebersihan – pidato tema Lingkungan Sekolah
Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang kami hormati,
Serta teman-temanku sekalian yang saya cintai

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini.

Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminkan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk sehingga kita pun dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa sudah memiliki jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Anda harusnya bisa belajar taat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.
  1. Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas – Teks Pidato Pergaulan
Pergaulan bebas merupakan salah satu tindakan sosial yang kerap kita saksikan di tengah-tengah masyarakat. Tak hanya terjadi di perkotaan saja, pergaulan bebas juga kerap terjadi di pedesaan. Setelah sebelumnya membahas contoh pidato singkat tentang lingkungan, selanjutnya Mamikos akan mencoba memberikan contoh pidato tentang pergaulan bebas singkat. Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas
Bismillahirrohmaanirrohiim
Assalamualaikum wr, wb.
Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,
Di siang hari ini, marilah pertama-tama kita mengucap syukur kepada Sang Illahi atas rahmat dan karunia yang telah Dia berikan, sehingga kita semua bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat. Pada siang hari yang cerah ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat yang berkenaan dengan pergaulan bebas yang kerap kita temui di sekitar kita.
Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui belakangan ini banyak media yang menayangkan dan membahas tentang pergaulan bebas. Hak ini tentu membuat kita sebagai orang tua cukup resah. Karena setiap harinya kita tidak bisa mengontrol pergaulan anak kita, alangkah lebih baiknya kita membantu memberikan arahan di setiap harinya. Karena sama seperti kasus lainnya, pergaulan bebas juga tentu ada penyebabnya.

Adapun faktor yang menjadi munculnya pergaulan bebas ini antara lain kurangnya kasih sayang dan arahan dari kita selaku orang tua. Tak hanya itu saja, teman dan lingkungan yang buruk, serta penggunaan internet yang tidak bijaksana juga menjadi salah satu faktornya pula. Apabila faktor-faktor tersebut tidak dapat diatasi, maka anak-anak kita akan semakin terjerumus ke dalam pusaran pergaulan bebas. Tak dapat dipungkiri jika nantinya anak-anak kita harus menanggung konsekuensi negatif akibat pergaulan bebas yang mereka jalani saat ini. Beberapa konsekuensi negatef tersebut seperti kecanduan obat-obatan terlarang, minum-minuman keras, melakukan tindakan kriminal, dan lainnya.
Oleh karena itu, kita selaku orang tua ada baiknya dapat membantu untuk mencegah hal-hal tersebut dengan berbagai upaya. Tak hanya memberikan arahan kepada anak-anak kita saja, Anda juga harus memberikan kasih sayang yang cukup sehingga anak-anak kita tidak perlu mencari perhatian berlebihan di luar sana dan terhindar untuk melakukan tindakan negatif. Dengan memberikan pengarahan dan didikan yang tepat, diharapkan anak-anak kita nantinya akan mampu menghindari pergaulan bebas. Selain itu, mengenalkan anak kepada teman dan lingkungan yang baik juga patut untuk dilakukan.
Dengan melakukan beberapa hal kecil tersebut, kita sebagai orang tua bisa membantu untuk menghindarkan anak-anak kita ke dalam pusaran pergaulan bebas.
Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan pada pidato kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum wr, wb.
  1. Contoh Pidato Tentang Narkoba – Naskah Pidato Singkat Narkoba
Berbicara mengenai narkoba, tentu selalu menimbulkan pro dan kontra di masyarakat kita. Narkoba memang tengah menjadi kasus sangat besar yang tengah dihadapi oleh negara kita. Akhir-akhir ini semakin banyak ditemukan remaja di usia dini hingga dewasa yang menyalahgunakan narkoba. Tertarik untuk memberikan ceramah singkat mengenai narkoba? Mungkin Anda bisa contoh pidato tentang narkoba singkat padat dan jelas khususnya bagi para pelajar yang rentan terkena narkoba. Pidato singkat tentang narkoba di kalangan pelajar, pidato singkat tentang bahaya narkoba bagi pelajar serta pidato tentang bahaya narkoba bagi generasi muda dianggap penting untuk dilakukan sebagai antisipasi awal pencegahan narkoba bagi para pelajar. Berikut ada satu contoh pidato singkat narkoba lingkup pelajar, Mamikos harap pidato singkat tentang penyalahgunaan narkoba dapat menambah referensi Anda tentang bahaya narkoba bagi remaja.
Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah, Bapak/Ibu Guru dan staf Tata Usaha
serta siswa-siswi yang saya cintai

Di siang hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat jasmani maupun rohani.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara kita telah menemukan fakta baru yakni jumlah pengguna narkoba yang begitu besar. Karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia secara leluasa untuk menyebarkan obat-obat terlarang ini di negara kita. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif sejenis ini tentu membawa dampak yang luas dan kompleks bagi kita semua. Salah satu contoh dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Namun, Bapak/Ibu serta siswa-siswi sekalian, sebenarnya penyalahgunaan narkoba ini dapat sama-sama kita cegah melalui program-program yang telah banyak diadakan oleh pemerintah maupun lembaga sosial dan kelompok-kelompok sosial. Program ini seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Karena remaja lebih mudah dan rentan untuk mencoba-coba suatu hal yang baru, pengguna narkoba di negara kita pun didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Selain kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah saya sebutkan, sebenarnya pihak sekolah juga telah sering memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, kemudian melalui diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi serta seminar-seminar pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini, apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb
  1. Contoh Pidato Tentang Kesehatan – teks Pidato Singkat Kesehatan
Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan Kesehatan memang adalah harta yang paling berharga yang pernah kita miliki. Baik kesehatan rohani maupun kesehatan jasmani, tentu tak mudah untuk dapat menjaganya. Anda bisa mengawali untuk menjaga kesehatan dengan mengatur pola makanan, ada banyak contoh pidato tentang kesehatan makanan yang dapat Anda dengarkan dan mungkin bisa menjadi pencerahan dalam memberikan pengetahuan tentang makanan yang baik dan tidak untuk kesehatan kita. Sudah banyak sekolah-sekolah yang memberikan contoh ceramah kesehatan sekolah guna memberikan gambaran kepada para remaja bagaimana cara menjaga kesehatan yang baik dan benar. Berikut Mamikos berikan salah satu contoh pidato tentang kesehatan yang mungkin bisa menambah referensi Anda ketika ingin membuat sebuah teks pidato singkat.
Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai
Segala puji dan syukur kita panjatkan bagi sang pencipta seluruh jagat raya, Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa berkumpul bersama di sini. Pada kesempatan yang sangat baik ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat mengenai “Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini” agar kita semua yang ada disini bisa sadar akan kesehatan tubuh kita.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin Anda pernah mendengar kata pepatah yang bilang bahwa “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kata pepatah ini secara tidak langsung telah menyadarkan kita bahwa memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat pikiran dan jiwa kita menjadi sehat. Ada pula slogan yang mengatakan bahwa “kesehatan sangat mahal”, secara tidak langsung slogan ini juga menyadarkan kita bahwa betapa mahalnya harga untuk menjadi sehat. Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian coba bayangkan keadaan kita sekarang, kita harus bersyukur karena masih diberikan nafas untuk dapat menikmati hidup. Namun, coba bayangkan pula jika tiba-tiba Anda terkena penyakit stroke atau terkena serangan jantung, tentu menyeramkan bukan? Karena selain harus mengeluarkan biaya besar untuk mengobati penyakit tersebut, Anda juga akan membuang banyak waktu kita secara sia-sia karena harus dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh terbukti menjadi satu hal yang sangat penting untuk kita semua lakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kita.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, jika kita dapat menjaga kesehatan sedari sekarang maka kita semua pun bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman pula. Tubuh yang sehat secara tidak langsung akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar serta bekerja dan juga membuat daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik saat belajar. Kenapa demikian? Karena tubuh sehat lah yang memacu otak kita untuk dapat bekerja secara optimal. Menjaga kesehatan juga tidak hanya baik untuk diri kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa kita. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dihuni oleh masyarakat yang sehat baik secara jasmani maupun secara rohani. Namun, jika suatu bangsa dihuni oleh masyarakat yang tidak sehat apalagi rohaninya, maka masa depan bangsa tersebut pula akan hancur karena ulah masyarakatnya sendiri.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini berguna buat kita semua terutama dalam menjaga kesehatan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
  1. Contoh Pidato Tentang Kenakalan Remaja
Contoh Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja Jika sebelumnya Mamikos sudah membahas contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, kali ini Mamikos akan memberikan contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja serta naskah pidato panjang tentang kenakalan remaja yang bisa membantu Anda dalam membuat sebuah teks pidato singkat lucu tentang kenakalan remaja. Berikut contohnya.
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara siang hari ini.
Yang terhormat Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai, kita semua tentunya sudah mengetahui dan menyadari betapa banyaknya fenomena kenakalan remaja di sekitar kita. Beberapa contoh kenakalan remaja tersebut seperti pengenalan rokok dan narkoba sejak usia dini, yang mungkin awalnya hanya ingin mencoba hingga menjadi ketagihan dan kecanduan. Adapun penyebab masalah dari kenakalan remaja ini sesungguhnya diakibatkan karena kesalahan orang tua dalam cara mendidik, kesalahan orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan aktifitas anak mereka. Namun tak bisa menyalahkan orang tua sepenuhnya, kenakalan remaja banyak terjadi juga disebabkan oleh pergaulan bebas yang akhirnya menjerumuskan mereka ke pergaulan yang salah. Memiliki banyak teman sesungguhnya adalah hal yang baik, namun kita pun juga harus berhati-hati dalam memilih teman, supaya nantinya tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.
Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai, sesungguhnya masih banyak lagi contoh kenakalan remaja yang salah dan ada di lingkungan kita. Misalnya saja seperti tawuran antar pelajar, geng motor, mabuk-mabukan, dan perjudian. Marilah kita bersama-sama menjauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut, karena hal-hal seperti itu sesungguhnya hanya akan merugikan diri kita sendiri. Gunakanlah masa-masa remaja Anda dengan hal-hal positif serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua serta nusa dan bangsa.
Teman-teman sekolah saya yang saya banggakan, mulai sekarang selektiflah dalam mencari teman. Ingatlah bahwa tidak ada satupun orang tua yang menginginkan ananya berperilaku buruk apalagi sampai terjerumus kedalam kenakalan remaja. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini terkait kenakalan remaja ini berguna buat kita semua terutama dalam memilih pergaulan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
  1. Contoh Pidato Tentang Disiplin – contoh pidato singkat
Contoh Pidato Tentang Disiplin Disiplin merupakan sikap mental yang tecermin dalam perbuatan tingkah laku perorangan, kelompok atau masyarakat berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan, ketentuan, etika, norma dan kaidah yang berlaku. Disiplin tak hanya harus diterapkan dalam bekerja dan ketika di sekolah saja, tetapi juga di setiap aktifitas lainnya yang kita jalani misalnya dalam displin berpakaian . Anda bisa mendengarkan pidato singkat disiplin berpakaian, naskah pidato tentang kedisiplinan kunci kesuksesan, teks pidato tentang disiplin dalam mengatur waktu belajar, atau pidato singkat disiplin kunci meraih kesuksesan untuk menambah pengetahuan tentang apa saja hal-hal yang harus diterapkan supaya bisa lebih disiplin. Berikut ada contoh pidato singkat tentang kedisiplinan dimulai dari diri sendiri yang dapat Anda pergunakan sebagai referensi untuk membuat sebuah contoh pidato singkat tentang disiplin di sekolah.
Selamat siang.
Murid-murid yang saya sayangi di sekolah ini,
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan nafas kehidupan sehingga bisa berkumpul di tempat ini. Terima kasih juga saya panjatkan kepada Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai karena telah datang untuk berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang kedisiplinan siswa di sekolah.
Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai, di sini saya akan menyampaikan tentang kedisiplinan siswa di sekolah. Saya sering menemukan banyak murid yang masih sering melanggar aturan yang dibuat untuk menjaga kedisplinan selama berada di lingkungan sekolah. Murid-muridku terkasih, mulai sekarang kalian harus terbiasa untuk disiplin saat belajar di sekolah. Karena dengan menjaga kedisiplinan, kita semua bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tenang dan lebih konsen lagi. Murid-muridku terkasih, kalian harus tahu bahwa disiplin ini sangatlah penting. Mulai sekarang mulailah untuk lebih berdisplin lagi dengan cara tidak terlambat datang ke sekolah, tidak membawa alat elektronik ke sekolah, tidak makan di dalam kelas, dan tidak berkelahi sesama murid lainnya. Murid-muridku terkasih, kalian tidak boleh melanggar peraturan karena akan terkena hukuman. Kalian harus mentaatinya agar kalian bisa belajar disiplin sedari usia dini. Berani juga merupakan salah satu sikap disiplin, rendah hati pun demikian.
Murid-muridku terkasih, masih ada banyak lagi hal-hal kecil yang bisa kalian lakukan agar dapat disiplin di sekolah. Demikian yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini. Ingatlah selalu bahwa disiplin merupakan kunci awal dari kesuksesan. Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat berguna bagi kita semua. Terima kasih saya hanturkan sebelumnya.
Selamat siang.
  1. Contoh Pidato Tentang Cinta Tanah Air – Naskah Pidato
Di hari peringatan Kemerdekaan atau hari-hari mengenang para pahlawan, biasanya pidato tentang cinta tanah air disampaikan di acar-acara. Tak banyak yang tahu, agar naskah pidato singkat tersebut pada akhirnya tidak membosankan, maka harus disampaikan sesuatu yang menarik dan membuat orang dengan senang hati akan mendengarkan sekaligus menyimak apa yang disampaikan. Seperti apa? Simak teks pidato singkat di bawah ini:
Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan kehadiratNya lah kita dapat berkunpul di sini dengan sehat wal afiat. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato singkat. Pidato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Tentunya kata-kata Cinta Tanah Air sudah teramat sering teman-teman semua dengar. Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri? Jawaban menarik dari pertanyaan tersebut adalah kita harus Cinta Tanah Air kita karena di sanalah kita berdiri dan berpijak, di atas tanah air dan tumpah darah kita. Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam, kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua. Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita.Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri.Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita.Walau kita membeli d luar negeri,barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di Negara kita sendiri. Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah.Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya. Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan,music,dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia.Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya.Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang megetahinya, akan saya beri tahu. Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain,mencintai produk budaya kita sendiri,dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri. Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum W.W.
  1. Contoh Pidato Tentang Pentingnya Teknologi Internet
Tentunya kamu tahu bahwa teknologi internet kini telah menjadi sesuatu yang tak hanya generasi muda saja yang menggunakan, tetapi juga generasi tua. Teknologi internet tersebut kini juga digunakan tak hanya untuk browsing saja tapi juga digunakan di dunia perdagangan dengan maraknya online shop. Untuk lebih jelasnya, simak pidato singkat mengenai pentingnya teknologi internet di zaman sekarang ini: Baca Juga : 5 Pidato Hari Guru Terbaru Singkat Dan Menarik
Assalamualaikum W.W

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keaadaan sehat walafiat. Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini.Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul pentingnya teknologi internet di zaman sekarang ini.

Di zaman sekarang ini, internet tentunya telah menjadi hal yang bisa dibilang paling banyak dilakukan. Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita. Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini. Dahulu internet jarang dipakai. Namun sekarang internet sudah banyak yang memakai. Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi. Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi,sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini, internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa. Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita. Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan,tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas. Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan zaman,sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang. Dahulu,teknologi internet hanya bisa menggunakan ponsel. Namun,sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer. Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet. Sekarang,dizaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Jadi, manfaat internet ada banyak terutama dapat membantu meyelesaikan pekerjaan. Sekarang laptop, ponsel, dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet. Harapan saya, semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya.

Wasalamualaikum W.W
Nah, itu tadi merupakan contoh pidato singkat mengenai beberapa topik yang ada di sekitar kita. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya, dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.
  1. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Pendidikan Assalamualaikum Wr.Wb. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah saw, berkat taufiq dan hidayahnya jualah kita dapat berkumpul pada pagi hari yang cerah ini serta masih diberikan kekuatan iman, islam, dan ihsan dan kesehatan. Shalawat serta salam selalu tercurah kepada keharibaan kita Nabi besar Muhammad Saw, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang. Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada untuk menyampaikan pidato, kali ini saya akan menyampaikan tentang pendidikan karakter, yang mana pendidikan karekter ini sangatlah penting untuk diketahui dan kemudian harapnnya bisa diamalkan, sehingga akan menjadikan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak yang baik. para hadirin yang saya hormati Pada zaman sekarang kita sudah memasuki krisis moral khususnya dikalangan remaja yang mulai meninggalkan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas bangsa sejak dulu, hal ini tidak bisa dianggap enteng namun harus ditangani dengan serius serta harus diberi perhatian lebih, apalagi bagi orang-orang yang punya tanggung jawab dibidang pendidikan. Kasus krisis moral ini bukan hanya isu belaka, namun ada beberapa penelitian yang sudah membuktikan, salah satunya dari lembaga independen menerangkan bahwa sekitar 65% remaja pada zaman sekarang sudah terjerumus dalam lembah hubungan seks dengan lawan jenis maupun sesama jenis yang seharusnya tidak di lakukan pada usia mereka. Selain dalam hubungan seks, ternyata dalam narkotika pun saat ini sudah tidak terbendung lagi, terutama pada remaja, hal ini sesuai dengan data dari BNN yang mengatakan bahwa pemakai narkotika pada usia remaja sudah mencapai 79% pada tahun 2015 dan dalam tiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat narkoba , bisa anda bayangkan betapa mirisnya hati kita melihat banyak sekali generasi muda yang tejerumus kedalam obat-obatan terlarang tersebut. Hadirin yang saya hormati, Dari data yang dipaparkan tadi sudah jelas tergambarkan tentang bagaimana kondisi yang terjadi di negara kita saat ini. Lalu selama ini dimanakah peran pendidikan yang seharusnya diberikan oleh sekolah, guru, dan orang tua? Kenapa para remaja saat ini banyak yang terjerumus dengan perbuatan yang tidak mencerminkan identitas bangsa, dan malah merusak nama bangsa sendiri? Ternyata setelah diadakan penelitian, hasilnya sangat mengejutkan, penyebab remaja yang melakukan hal-hal yang menyimpang seperti itu dikarenakan kurangnya pendidikan karakter yang diberikan di sekolah seperti progam sekolah yang hanya ingin mengejar target nilai siswa dan bukan mendidik anak untuk merubah sikap serta perilaku yang lebih baik, maupun lingkungan keluarga, yang menyebabkan mereka berani melakukan hal seperti itu. Maka dari itu sebagai lembaga sekolah, sudah sepatutnya mencanangkan pendidikan karakter untuk setiap siswanya, pendidikan karakter bukan hanya tanggung jawab guru agama, namun pada pembelajaran yang lain pun harus menyisipkan pendidikan karakter pada saat pembelajaran berlangsung Cukup sekian pidato dari saya, semoga hal yang disampaikan bisa membuka pemikiran kita semua, bahwa guru sebagai pendidik bukan pengajar yang menyampaikan suatu ilmu saja lalu pulang, namun guru mempunyai tanggung jawab yang sangat penting dalam merubah perilaku siswa yang lebih baik. Salah khilaf mohon maaf Wassalamualaikum Wr. Wb.
  2. Contoh Pidato Persuasif Tentang Hidup Rukun Dan Damai Bapak, ibu, dan saudara-saudari yang terkasih, hidup rukun dan damai merupakan idaman setiap orang. Tidak ada orang yang tidak menginginkan hidup rukun dan damai. Hanya saja cara setiap orang menginterpretasikan dan meraihnya berbeda-beda. Kita merindukan hidup rukun dan damai karena dalam situasi ini, kita menemukan jati diri kita sebagai manusia. Dalam setiap DNA kita sebagai manusia, kita rindu akan hidup rukun dan damai. Oleh karena itu, kita senantiasa berjuang untuk mencapai kehidupan ini. Memang hal ini tidak mudah dicapai, namun bukan berarti sama sekali tidak mungkin. JIka kita ingin mencapai hidup rukun dan damai, langkah pertama dan paling penting yang harus kita lakukan adalah mencintai sesama kita, baik manusia maupun lingkungan. Hanya dengan mencintai dan menghargai orang lain, kita dapat menerima perlakuan yang sama. Hanya dengan mencintai dan dicintai pula, kedamaian dan kerukunan dapat tercipta di kehidupan kita. Tidak mudah memang, tapi kita dapat melakukannya. OIeh karena itu, bapak, ibu, dan saudara-saudari sekalian, di tengah perbedaan yang terdapat di masyarakat kita, marilah kita menjadi manusia yang utuh dengan saling menghargai satu sama lain. Perbedaan itu indah karena hanya dengan saling menghargai perbedaan satu sama lain kita dapat memunculkan hidup rukun dan damai.
  3. Contoh Pidato Persuasif Tentang Persatuan Dan Kesatuan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang terhormat Bapak/Ibu… Dan hadirin/Teman-teman sekalian yang kami muliakan/hormati/cintai! Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Taala, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada hari ini kita masih dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Bapak/Ibu… Juga para Hadirin Yang Kami Muliakan. Dengan diadakannya peringatan Hari … semoga kita lebih dapat meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa ini akan lebih meningkat dan daya juang kita terhadap bangsa dan negara kita ini harus lebih diperkokoh, kita harus lebih dapat mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk membangun kebersamaan kita dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan muda kita di tahun 1928 (Perjuangan para pahlawan kita disaat merebut kemerdekaan bangsa ini) maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat persatuan mereka saat itu yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebatnya menyatu pada jiwa para pemuda yang tercecer dalam berbagai wadah. Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah usai. Semangat perjuangan mereka dalam mempersatukan bangsa ini harus tetap dipelihara dan dipertahankan, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh. Bapak/Ibu… Juga para Hadirin Yang Kami Muliakan Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita benahi. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus, hendaknya mempertahankan kebersamaan ini. Demi keutuhan bangsa kita yang tercinta ini. Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib meningkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara. Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita bangsa ini. Bapak/Ibu… Juga para Hadirin Yang Kami Muliakan Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridho Allah Subhanahu wa Taala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, amin, yaa robbal alamin. Wassalamualikum warahmatullahi wabarakaatuh
  4. Contoh Pidato Hari Guru Assalamu’alaikum Wr. Wb. Kepada yang terhormat. Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu dewan Guru serta para Staff dan siswa siswi yang saya cintai di (Isikan nama/tempat Sekolah). Tak lupa juga untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir di acara hari ini yaitu peringatan Hari Guru 25 November. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara memperingati Hari Guru. Para hadirin yang saya hormati, Kita tahu bahwasanya di Indonesia ini sering berganti-ganti kurikulum dan sistem pendidikan setiap tahunnya, jika dibandingkan dengan negara lain mungkin sistem pendidikan di negara kita masih jauh dari harapan kita. Namun bagaimanapun juga, Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa kita. Hadirin yang terhormat, Di hari Guru ini, saya akan menyampaikan kesan maupun pesan selama saya menjadi Guru atau tenaga pengajar, maka pada hari yang cukup membanggakan ini, marilah kita bersama-sama menjaga erat tali persaudaraan kita dengan sesama tenaga pengajar maupun dengan anak didik kita. Karena kita tahu, masih banyak Guru-guru yang kurang begitu memahami kondisi siswa dengan cara pengajarannya dan ilmu-ilmu yang kita berikan. Untuk itu saya mewakili segenap Guru SMPN 03 Losari mengucapkan, selamat Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Semoga ilmu dan amal yang kita berikan kepada anak bangsa diberkahi oleh Allah SWT. Mungkin hanya ini pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
  5. Contoh Pidato Anak Sholeh Alhamdulillahirabbil’alamin, washolatu wassalamu ala ashrofil ambiyai walmursalin, sayyidinaa wa maulana, muhammadin. Wa ala alihi wa shahbihi ajmaiin. Amma ba’du. Para hadirin ikhwatul iiman, Izinkan saya disini berbicara, bukan untuk menjadi seorang yang hendak menggurui atau semacamnya. Hanya hendak berbagi ilmu dan ingin bersama sama senantiasa memperbaiki diri agar menjadi hamba allah yang terus menuju kearah yang lebih baik. Aamiin. Tema yang akan saya bawakan kali ini sudah cukup umum. Dan ada berbagai macam sudut pandang tentang pengertiannya. Yang pasti berkaitan dengan sesuatu yang baik, yaitu anak sholeh. Kata sholeh atau shalehah sendiri memang berarti orang yang baik. Nah, kali ini sifat orang baik ini tercermin pada diri seorang anak. Ada salah satu ungkapan yang sangat terkenal berkaitan dengan anak shaleh ini. mengenai amalan yang tidak akan terputus meski seseorang sudah meninggal. Atau sering disebut juga amalan jariyyah. Sehingga di alam akhirat pun orang tersebut tetap mendapat pahala atas tiga perkara tersebut. yang pertama yaitu sadaqah jariyyah, yang kedua ilmu yang bermanfaat dan yang ketiga merupakan doa dari seorang anak sholeh bagi orang yang meninggal atau orang tuanya. Dalam hal shodaqoh dan ilmu sudah pasti bahwa kita menyebarkan suatu manfaat dan kemudian dapat dimanfaatkan kembali oleh orang lain hingga terus bercabang seperti rantai tentunya akan menjadi sebuah amalan yang tak terputus. Missal dari uang yang kita shadaqah kan menjadi sebuah sajadah yang ada di mesjid dan dipakai untuk sholat berjamaah, maka akan terus mengalir pahalanya. Ilmu yang kita punya kita bagi dan kita pergunakan untuk kemashlahatan umat tentu juga akan menjadi pahala yang tak terputus karena akan terus dipergunakan. Untuk anak sholeh sendiri, perlu ada didikan dari orang tua dan berbagai pihaklain hingga lingkungan. Untuk menjadi seorang yang sholeh kita tentunya perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu seperti apakah anak yang sholeh itu. Seperti yang saya bilang adi, sholeh sendiri berarti orang yang baik. Jika diartikan seperti itu tentunya akan banyak sekali pengertiain orang yang baik. Karena cara pandang orang berbeda beda tentang orang yang kita sebut baik. Yang jelas, saya yakin seratus persen, dalam kaitan nya hal ini yang disebut orang baik adalah orang yang mengerjakan perintah allah dan menjauhi larangannya di setiap amal perbuatan orang tersebut. Hadirin ikhwatul iman, Mungkin hanya sekian yang bisa saya sampaikan. Memang masih banyak sekali kekurangan dalam penyampaian nya. Mohon dimaklum. Dan saya memohon maaf atas hal itu. Yang terpenting allah akan selalu menunjukan jalan yang lurus pada kita semua. Ammin ya rabbal aalamiin. Akhirul kalam, wassalamualaikum wr wb.
  6. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Moral Bismillahirrohmaanirrohiim Assalamualaikum wr, wb Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati, Pada hari ini marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan ridho yang telah Dia berikan, sehingga kita bisa berjumpa di tempat ini. Adapun materi pidato yang akan saya sampaikan ini mempunyai tema pentingnya pendidikan moral. Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, Akhir-akhir ini kita seringkali melihat perilaku buruk yang dilakukan seluruh elemen masyarakat kita, entah itu dari kalangan menengah, kalangan menengah ke atas, sampai ke para pejabat kita. Adapun perilaku buruk yang mereka lakukan antara lain pencurian, pemerkosaan, pembunuhan, penipuan, penyalahgunaan narkotika, dan tindak pidana korupsi. Semua perilaku buruk itu telah mengakibatkan kerugian yang banyak untuk negara ini, baik kerugian secara moral maupun secara material. Perilaku-perilaku buruk tersebut disebabkan karena lemahnya moral yang ada di masyarakat kita. Hingga tak heran, jika perilaku-perlikau buruuk tersebut masih banyak dilakukan dan sulit dilakukan. Salah satu cara atau upaya supaya kita dapat meminimalisir hal tersebut adalah dengan diselenggarakannya pendidikan moral. Pendidikan moral sendiri merupakan pendidikan yang berbasis kepada pengembangan moral dari para peserta didik, sehingga peserta didik mempunyai moral yang baik disamping mempunyai otak yang cerdas. Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk mengaplikasikan pendidikan moral kepada anak-anak kita adalah dengan menjadikan kita sebagai teladan yang bermoral baik dihadapan anak-anak kita. Selain itu, pengajaran nilai-nilai moral juga mesti ditanamkan kepada anak-anak kita sejak dini. Proses pengajarannya mesti dilakukan semenarik mungkin dan libatkan sang anak dalam proses pembelajaran, supaya pembelajaran nilai-nilai moral tidak berjalan satu arah, dan anak-anak merasa terlibat, serta jauh lebih paham terkait nilai-nilai moral yang mesti dianut. Mungkin proses pendidikan moral yang dijalankan tidaklah singkat dan mudah. Namun, hasil yang didapat sangat setimpal dari lama dan sulitnya proses pendidikan moral tersebut. Untuk itu, marilah kita terapkan pendidikan moral kepada anak-anak kita sejak saat ini, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di berbagai instansi pendidikan. Dengan begitu, anak-anak kita nantinya akan menjadi generasi yang cerdasdan bermoral baik, sehingga perilaku-perilaku buruk yang sering terjadi akhir-akhir ini tidak dilakukan oleh generasi yang akan datang. Mungkin hanya itu saja yang mampu saya sampaikan pada pidato singkat kali ini. Dengan segenap kerendahan hati, saya memohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan di dalam pidato yang saya sampaikan ini. Semoga rahmat dan ridho-Nya senantiasa ada bersama kita. Amin ya robbal alamin. Wassalamualaikum wr, wb.
  7. Contoh Pidato Ulang Tahun Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Saudaraku, sahabat-sahabat dan teman-temanku sekalian yang aku sayangi. Pada kesempatan yang berbahagia ini, tentunya tiada kata-kata yang pantas untuk saya ucapkan dalam mengawali sambutan ini, melainkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah SWT. yang memberi saya panjang umur, sehingga pada har ini, tepatnya ulang tahun saya yang ke ….. tahun. dan atas rahmat-Nya pula saya dapat merayakan pagi hari ini bersama saudara, teman-teman dan sahabat-sahabat sekalian, tanpa ada suatu halangan apapun. Selanjutnya, saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada saudara – saudara, teman-teman dan sahabat-sahabat sekalian yang berkenan hadir dalam acara ulang tahunku yang ke …….. ini, mudah-mudahan keikhlasan saudara, teman-teman dan sahabat untuk meluangkan waktu guna menghadiri acara ini, akan mendapatkan balasan yang lebih baik dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Sekalipun acara ini sangat sederhana, tentu saja saya tetap ingin mengharap pada saudara, sahabat dan teman-teman sekalian untuk memberikan doanya agar kiranya, kita diberi panjang umur bertambah baik amal dan tingkah lakunya, banyak rizqi senantiasa dalam naungan rahmat dan perlindungan-Nya. Kemudian, saya juga tak lupa meminta maaf saudara teman dan sahabat sekalian atas kesalahan, kekurangan juga segala hal yang tidak berkenan di hati saudara sekalian. Saudaraku, sahabat-sahabat dan teman-temanku sekalian yang saya sayangi. demikianlah, sambutan yang saya sampaikan pada acara ini, sekali lagi kami menyampaikan terima kasih banyak atas kehadirannya dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kurang lebihnya. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan anugerah serta bimbingan-Nya kepada kita sehingga semakin hari, kita menjadi semakin baik dan mendapatkan ridho ilahi, amin.
  8. Contoh Pidato Tentang Maulid Nabi Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. Dengan memuji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, karena pada kesempatan hari ini kita masih ditaqdirkan oleh Allah, bisa berkumpul muka di masjid yang mulai ini tanpa ada halangan suatu apapun. Mudah-mudahan pertemuan kita pada malam ini membawa kebaikan dunia dan akhirat, amiin. Selanjutnya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw, karena beliau, yang telah berhasil membawa, agama islam yang penuh dengan rahmatnya. Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia, malam ini kita berkumpul di masjid perlu memperingati hari kelahiran Nabi Saw. Karena bulan Rabi’ul awal ada peristiwa yang terpenting yaitu Iahimya nabi kita Muhammad Saw. Beliau lahir membawa rahmat, yakni agama islam, sehingga yang asalnya kita di alam jahiliyah menuju alam terang benderang, sehingga bisa membedakan mana yang haq dan yang bathil. Kita bisa membayangkan bagaimana Nabi saw. sebelum lahir di muka bumi tentunya umat dalam keadaan rusak, wanita telah diperbudak lelaki, adat jahiliyah memasyarakat, yang miskin tambah miskin, yang kaya tambah kaya, begitulah seterusnya. Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia. Setelah islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw, maka isi tatanan jahiliyah bisa berubah dengan total menjadi adat islami, sehingga yang dulunya saling menindas, akhimya saling bantu membantu antara yang satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui, bahwa menurut sejarah islam, Nabi Muhammad Saw. lahir tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun Gaj ah atau bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. Dinamakan tahun gajah, karena tepatnya lahir Nabi Saw, banyak tentara mengendarai gajah yang hendak menghancurkan pasukan Ka’bah yang dipimpin oleh gubemur Yaman bernama Abraha. Tetapi tujuan yang jahat itu sama sekali tidak bisa dicapai, karena dihujani batu kerikil oleh burung ababil dari neraka. Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia. Nabi Muhammad Saw, lahir dalam keadaan yatim, karena kurang lebih tujuh bulan Ayahnya wafat yaitu Abdullah. Ibunya bernama Siti Aminah. Bagi kita orang-orang Islam yang terpenting dalam memperingati peristiwa ini kita senantiasa mencontoh budi pekerti Nabi Saw. yang sangat mulia, sekaligus menjadi panutan orang-orang yang menginginkan bertemu dengan Allah Swt. Dalam hal ini Allah berfirman sebagaimana yang tercantum dalam Surat Al-Ahzab: ayat 21. Artinya: Sesungguhnya Rasulullah (Muhammad Saw) menjadikan teladan yang baik bagikamu dan untuk orang-orang yang mengharapkan memenuhi Tuhan dan hari kemudian, dan yang mengingati Tuhan sebanyak-banyaknya. Demikian sambutan kami, bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dalam hari kami minta maaf yang sebesar- besamya. Mudah-mudahan yang saga sampaikan tadi membawa manfaat, ihdinash shirathal mustaqiim, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
  9. Contoh Pidato Sumpah Pemuda Assalamualaikum Wr. Wb. Yang terhormat bapak kepala sekolah Yang kami hormati bapak/ ibu guru Dan juga rekan-rekan yang saya banggakan dan saya sayangi Petama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan nikmat serta karunianya kepada kita sehingga kita dapat berkumul pada acara ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Kedua kalinya solawat serta salam marilah kita haturkan kepada nabi kita Muhammad SAW yang telah mengubah jaman Jahiliah menuju jaman Islamiah dan semoga kita mendapatkan syafatnya di yaumul akhir anti. Amin. Hadirin semua, ini merupakan hari yang sangat berkessan untuk kita semua. Alhamdulillah kita dapat berkumpul bersama di hari Sumpah Pemuda ini dengan semangat yang sangat luar biasa. Peringatan sumpah pemuda merupakan dimana kita harus mengingat sejarah kembali, mengingat apa yang telah para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa ini, bangsa Indonesia. Semangat muda yang selalu membara untuk membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia adalah perbuatan yang mulia. Para pemuda selalu memikirkan bangsanya dan selalu berjuang untuk bangsanya. Patut kita tiru dan patut kita lanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh kaum muda pada masa lalu. Semangat belajar dalam meraih cita-cita, semangat dalam meraih mimpi dan semangat dalam bekerja. Tanpa bermalas-malasan dan selalu tanamkan untuk berbuat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Semangat muda semangat untuk berkarya dan bekerja. Mari kita semangat bersama untuk Indonesia. Semangat Muda! salam pemuda! Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalan perkataan maupun perbuatan saya minta maaf yang sebasar-besarnya. Terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum Wr. Wb.
  10. Contoh Pidato Halal Bihalal Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang kami hormati, Hadirin dan hadirat yang berbahagia, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, sehinggga pada malam yang berbahgia ini kita masih bisa diberi kenikmatan, sehingga kita semua yang hadir disini dapat bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara halal bihalal, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri yang berbahagia ini. Hadirin dan hadirat yang berbahagia. Saya atas nama Ketua Panitia halal bihalal, sudah sepantasnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin, yang dengan penuh keikhlasan telah sudi meluangkan waktu untuk menghadiri acara Halal bihalal ini, dengan penuh kesadaran, menghariri undangan yang telah kami sebarkan. Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada, khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah, yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari melakukan hal-hal yang membuat kita khilaf, rasa salah dan rasa berdosa. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahgia ini kami mengajak hadirin dan hadirat, untuk melapangkan dada, membuka hati dengan rasa sabar dan penuh keikhlasan, atas ridla Allah meminta dan memberi maaf atas kesalahan di antar kita semua, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, acara akan diisi oleh siraman rohani dengan tema “Hikmah dari Halal Bihalal” yang akan disampaikan oleh Bpk Ustad….. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Bapak untk hadir dan memberikan ceramah pada majlis yang mulia ini. Selaku pribadi dan selaku ketua Panitia, kami dalam kesempatan ini pula kami mohon maaf kepada hadirin jika ada sesuatu selama ini yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan diantara kita semua dan memberikan kekuatan lahir dan bathin. Amin.. Akhirulkalam, Wabilahitaufiqwalhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
19 Cara agar pidato Anda menarik dan tidak membosankan
Mulailah pidato Anda dengan kutipan, statistik, anekdot atau pertanyaan. Ini perkenalan bisa mendapatkan perhatian audiens Anda dan membantu Anda tetap sepanjang sisa pidato Anda.
Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal. Audiens akan lebih mampu berhubungan dengan Anda jika Anda terdengar seperti orang biasa, bukan seorang sarjana dan sebagainya. Anda masih dapat terdengar profesional tanpa terdengar terlalu kaku dan tertutup.
Menyisipkan humor sesekali ke dalam pidato. Kecuali Anda berurusan dengan topik yang sangat serius, humor dapat membantu menghidupkan suasana penonton. Menggunakannya sedikit, meskipun. Jika berlebihan, humor bisa mengurangi tesis pidato Anda dan argumen.
Gunakan pengenalan Anda untuk memberitahu penonton secara singkat apa yang akan membahas.
Kemudian gunakan kesimpulan untuk memberitahu mereka apa yang Anda katakan.
Hubungkan penonton dengan topik Anda dalam pengantar. Beritahu pendengar Anda mengapa mereka harus peduli tentang apa yang Anda katakan. Dalam kesimpulan Anda, menjembatani tesis dan argumen ke dunia yang lebih luas dan memberikan ide-ide tentang bagaimana penonton untuk mengambil tindakan terhadap apa yang telah dibahas.
Curriculum is empty

Instructor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up